Copyright 2014 © Pengadilan Agama Sungguminasa | Dev & Mod by vRy
Jl. Masjid Raya No. 25 Sungguminasa - Kab. Gowa - (0411) 864298
Assalamu'alaikum Wr. Wb.|Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Sungguminasa|Media Pelayanan, Transparansi dan Informasi Online

Launching Dan Sosialisasi e-Court Di Pengadilan Agama Sungguminasa

Kategori: Berita Diterbitkan: Selasa, 04 Desember 2018

1.JPG
 
Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar, Dr. Hj. Aisyah Ismail, S.H.,M.H dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Pengadilan Agama Sungguminasa adalah salah satu Satuan Kerja yang ada di Wilayah Pengadilan TinggI Agama Makassar yang sangat responsip terhadap inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Mahkamah Agung RI, ini terbukti hari ini dimana belum ada Pengadilan Agama di Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Makassar yang melakukan Launching dan Sosialisasi penerapan e-Court, Pengadilan Agama Sungguminasa sudah melakukannya lebih awal. Untuk itu, saya selaku Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar sangat bergembira dan menyambut baik kegiatan ini, mudah-mudahan Pengadilan Agama yang lain dapat segera mengikutinya.
 
b_300_200_16777215_00_images_FotoBerita_sosialisasiecourt2018_3.JPG b_300_200_16777215_00_images_FotoBerita_sosialisasiecourt2018_4.JPG
Lebih lanjut, Dr. Hj. Aisyah Ismail, S.H.,M.H menjelaskan bahwa secara spesifik di lingkungan Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, pengaktifan e-Court  sudah harus dilaksanakan paling lambat tanggal 31 Desember 2018. Keharusan ini tertuang dalam Surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor: 329/DJA/HM.02.3/XI/2018 Tentang perintah pengaktifan e-Court Mahkamah Agung RI untuk seluruh Pengadilan Agama /Mahkamah Syari’ah.
 
b_300_200_16777215_00_images_FotoBerita_sosialisasiecourt2018_6.JPG b_300_200_16777215_00_images_FotoBerita_sosialisasiecourt2018_7.JPG
Kalau penerapan e-Court ini betul-betul berjalan secara maksimal, maka sangat memudahkan masyarakat pencari keadilan karena mereka sudah tidak perlu lagi datang di Kantor Pengadilan untuk mendaftar dan membayar perkaranya, cukup mendaftar dan membayar secara oneline. Begitu pula untuk Jurusita cukup menyampaikan panggilan secara oneline. Walaupun untuk tahap awal ini, yang bisa mengakses baru dibuka ruangnya untuk advokat yang telah terdaftar, tetapi kita meyakini bahwa ke depan pasti ruangnya akan dibuka secara luas untuk masyarakat pencari keadilan karena aplikasi ini akan berkembang secara terus menerus. Untuk itu, teman-teman dari Advokat supaya dapat mendalami secara komprehensip aplikasi ini dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Demikian ditegaskan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar.

2.JPG
 
Sementara Ketua Pengadilan Agama Sungguminasa, Drs. Ahmad Nur, M.H. dalam sambutannya mengatakan bahwa Launching e-Court hari ini dilakukan sekaligus dirangkaikan dengan Sosialisasi mengandung nilai sejarah tersendiri oleh karena kegiatan ini dilakukan bertepatan dengan hari jadi Pengadilan Agama Sungguminasa. Karena  berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 87 Tahun 1966 Tanggal 3 Desember 1966 Tentang Penambahan Pembentukan Pengadilan Agama/ Mahkamah Syari’ah Tk. II di daerah Sulawesi dan Maluku, termasuk di dalamnya Pengadilan Agama Sungguminasa.

Karena aplikasi e-Court ini adalah sesuatu yang baru, maka mungkin tidak cukup waktu kalau sosialisasi ini hanya dilakukan  satu hari. Oleh karena itu, Insya Allah akan dilakukan secara berkesinambungan dan untuk tahap awal cukup dilakukan pengenalan secara sederhana mengenai  langkah-langkah praktis penggunaan aplikasi e-Court. Sedangkan untuk teknisnya secara mendalam akan dilakukan pembimbingan di waktu-waktu yang akan datang. ( By Amn/PA-SGM).
 
Dilihat: 27

Direktori Putusan