Copyright 2014 © Pengadilan Agama Sungguminasa | Dev & Mod by vRy
Jl. Masjid Raya No. 25 Sungguminasa - Kab. Gowa - (0411) 864298
Assalamu'alaikum Wr. Wb.|Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Sungguminasa|Media Pelayanan, Transparansi dan Informasi Online

Audit Kinerja Dan Penilaian Zona Integritas Di PA Sungguminasa

Kategori: Berita Diterbitkan: Jumat, 24 Mei 2019

DSC_1107.JPG
 
Dalam rangka menjaga tertib administrasi peradilan yang baik dan benar serta meningkatkan kepercayaan masyarakat, maka diperlukan pemeriksaan kinerja dan Integritas. Begitu pula pelaksanaan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Perlu dilakukan penilaian untuk memastikan apakah dilaksanakan dengan baik sesuai amanat Undang-undang dan Pimpinan Mahkamah Agung RI. Demikian diungkapkan oleh Ketua Tim Penilai Internal (TPI) dari Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI dalam sambutannya ketika opening meeting Audit Kinerja dan Integritas serta Penilaian Zona Integritas  pada Pengadilan Agama Sungguminasa pada hari Rabu, 22 Mei 2019.

Ketua Tim Penilaian Internal (TPI), Muhammad Abduh Sulaeman yang juga selaku Inspektur Wilayah I pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI lebih lanjut mengungkapkan bahwa ada dua obyek yang akan menjadi fokus perhatian Tim Penilai, yaitu Audit Kinerja dan Intergritas serta Penilaian Zona Integritas pada Pengadilan Agama Sungguminasa. Oleh karena itu, diharapkan kepada pimpinan Pengadilan Agama Sungguminasa untuk mempersiapkan segala sesuatunya yang terkait dengan audit kinerja dan zona integritas tersebut.

DSC_1110.JPG DSC_1126.JPG
 
Audit kinerja dan integritas serta penilaian zona integritas ini sesuai jadwal akan berlangsung selama tiga hari. Khusus untuk penilaian zona integritas akan dilakukan dengan dua sesi, yaitu hari pertama masing-masing koordinator area dari enam area untuk mempresentasekan hal-hal apa saja yang telah dilakukan. Sedangkan sesi kedua adalah pemeriksaan efiden secara langsung kepada masing-masing area yang menjadi lampirannya.

Hasil dari penilaian Tim Penilai Internal (TPI), kalau dianggap layak maka akan diusulkan ke Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformarsi Birokrasi untuk dinilai oleh Penilai Eksternal.  Adapun standar nilai minimal untuk bisa diusulkan menurut  Muh. Abduh Sulaeman adalah 80 %. Namun yang paling penting adalah bahwa untuk bisa mencapai  Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), kuncinya tereltak pada adanya komitmen yang kuat mulai dari pimpinan sampai staf yang diikuti dengan disiplin dalam bekerja.

 Sementara Ketua Pengadilan Agama Sungguminasa dalam sambutannya mengatakan bahwa jauh sebelum adanya surat dari Dirjen Badilag tentang pencanangan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Pengadilan Agama Sungguminasa telah melakukan beberapa kegiatan yang terkait langsung Zona Integritas (ZI). Salah satunya adalah Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integrita (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) yang hadiri oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar dan disaksikan oleh seluruh unsur FORKOPIMDA Kabupaten Gowa.

Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) telah kami laksanakan di Pengadilan Agama Sungguminasa sesuai dengan kemampuan yang kami miliki dan kami siap untuk menyempurnakan sesuai dengan Buku Saku Pedoman Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) yang dikeluarkan oleh Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI. (by Amn/PA-Sgm).

GALLERY FOTO KEGIATAN :
 
DSC_1134.JPG DSC_1136.JPG DSC_1137.JPG
DSC_1202.JPG DSC_1205.JPG  
Dilihat: 121

Direktori Putusan