Copyright 2014 © Pengadilan Agama Sungguminasa | Dev & Mod by vRy
Jl. Masjid Raya No. 25 Sungguminasa - Kab. Gowa - (0411) 864298
Assalamu'alaikum Wr. Wb.|Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Sungguminasa|Media Pelayanan, Transparansi dan Informasi Online

Keluarga Besar PA Sungguminasa Adakan Acara Halal bi Halal

Kategori: Berita Diterbitkan: Jumat, 14 Juni 2019

DSC_1518.JPG
 
Sebagai tanda syukur atas selesainya kita menjalani ibadah puasa sebulan penuh dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H., Keluarga besar Pengadilan Agama Sungguminasa mengelar acara Silaturrahim atau ‘’Halal bi Halal’’ yang dilaksanakan pada hari Jum’at, tanggal 14 Juni 2019 bertempat di Ruang Sidang Utama Kantor Pengadilan Agama Sungguminasa. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya penguatan silaturrahim dan merekatkan ukhuwah Islamiyah diantara sesama pegawai.

Kegiatan Silaturrahim atau ‘’Halal bi Halal’’ tersebut dihadiri oleh Seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Sungguminasa. Sementara turut hadir adalah Ketua Pengadilan Negeri Sungguminasa, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gowa, Komandan Distrik Militer 1409 Kabupaten Gowa, Panitera dan Penitera Muda Banding Pengadilan Tinggi Agama Makassar, para sesepuh Pengadilan Agama yang berdomisili di kota Makassar dan sekitarnya, diantaranya: Dr. H. Andi Syamsu Alam, S.H.,M.H. (Mantan Ketua Kamar Peradilan Agama Mahkamah Agung RI), Drs. H.M. Juzmi Hakim, S.H., Drs. H.M. Thahir Hasan, Dr. H. M. Hasan H. Muhammad, S.H.,M.H. (Masing-masing sebagai Mantan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar), H. Andi Syaiful Islam, S.H.,M.H. (Mantan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar).

DSC_1502.JPG
 
Ketua Pengadilan Agama Sungguminasa dalam sambutannya mengungkapkan bahwa tujuan diadakannya kegiatan silaturrahim atau Halal bi Halal  hari ini adalah sebagai tanda syukur kita kepada Allah SWT. karena kita masih diberi umur yang panjang, kesehatan dan kesempatan sehingga kita mampu melewati bulan suci Ramdhan dengan tetap dalam kondisi sehat wal’afiat. Disamping itu pula, kita ingin menyempurnakan ibadah puasa kita dan ibadah-ibadah lainnya melalui penguatan silaturrahim dan ukhuwah di antara kita sesama warga Pengadilan Agama Sunggumianasa, begitu pula dengan orang-orang tua kita para sesepuh Pengadilan Agama.
 
Kehadiran orang-orang tua kita hari ini, misalnya pak Andi Syamsu Alam dan beberapa orang mantan Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Makassar yang begitu berjasa dalam membangun dan membesarkan Pengadilan Agama, tentu sebagai pertanda bahwa jasa-jasa beliau tidak bisa dilupakan oleh kita-kita yang sekarang ini masih aktif, bahkan ilmu dan pengalamannya butuh kita timbah. Dalam konteks itulah, sehingga momentum Idul Fitri 1440 H. Ini mereka diundang untuk hadir bersama-sama dengan kita, bahkan bukan hanya dalam kegiatan silaturrahim atau Halal bi Halal  hari ini tetapi termasuk dalam kegiatan-kegiatan yang lain. Ini menunjukkan bahwa hubungan kita dengan orang-orang tua kita alhamdulliah tetap terpelihara dengan baik. Demikian ditegaskan oleh Ketua Pengadilan Agama Sungguminasa.

DSC_1526.JPG
 
Sementara ceramah hikmah Silaturrahim atau Halal bi Halal  disampaikan oleh Prof. Dr. Darussalam, M.Ag (Dekan Fakultas Hukum dan Syari’ah) Universitas Islam Negeri Makassar. Dalam ceramahnya, beliau banyak penyinggung tentang pentingnya memelihara hubungan silaturrahim di antara sesama umat manusia yang akhir-akhir ini cenderung mengalami gangguan. Begitu pentingnya menjaga silaturrahim itu menurut beliau sehingga perintah kedua di dalam al-Qur’an setelah perintah bertaqwa kepada Allah SWT. adalah perintah untuk memperbaiki silaturahim.

Ibadah-ibadah ritual yang kita lakukan sebagai perwujudan hubungan baik kita dengan Allah dalam konteks Hablumminallah tidak akan bermakna kalau dimensi sosial kemasyarakatan kita terganggu atau Hablumminannas kita terciderai. Itulah sebabnya sehingga kunci untuk meraih ketenangan dan kebahagian dalam hidup ini sangat tergantung baiknya hubungan kita dengan Allah dan baiknya hubungan kita dengan sesama umat manusia (Hablumminallah dan Hablumminannas).

Bahkan pahala dari ibadah yang kita lakukan kepada Allah SWT. akan tergerus habis seperti api memakan kayu bakar kalau hubungan kita dengan sesama umat manusia tidak baik. Karena akibat dari tidak baiknya hubungan kita dengan sesama akan menimbulkan fitnah dan fitnah itu sendiri sangat berbahaya sebab bisa menghapus pahala ibadah-ibadah yang kita telah lakukan. Oleh karena itu, untuk mengamankan nilai-nilai dari ibadah kita kepada Allah SWT., maka mesti kita jaga dan pelihara hubungan baik kita sesama, apalagi sesama warga Pengadilan Agama. Demikian ditegaskan oleh Prof. Dr. Darussalam, M.Ag.

DSC_1510.JPG
 
Turut memberikan sambutan orang tua kita mewakili sesepuh Pengadilan Agama adalah Bapak Dr. H. Andi Syamsu Alam, S.H.,M.H. Dalam sambutannya beliau mengungkapkan bahwa sejak berakhirnya masa tugasnya di Mahkamah Agung RI, waktunya lebih banyak dihabiskan untuk mengurus masjid. Sehingga kalau dulu waktu jadi pejabat, saya yang sering suruh-suruh orang, sekarang ini terbalik saya yang banyak disuruh-suruh atau diperintah orang. Tapi saya nikmati semua itu, mudah-mudahan bisa menjadi amal jariyah Insya Allah.

Kepada keluarga besar Pengadilan Agama Sungguminasa, Dr. H. Andi Syamsu Alam, S.H.,M.H. yang kelihatan masih sangat enerjik, beliau menitipkan pesan agar supaya tetap menjaga disiplin kerja karena itu menjadi kunci sukses termasuk disiplin waktu kalau ada kegiatan yang dilakukan, usahakan dilakukan secara on time (tepat waktu).
Sebagai rangkaian akhir dari acara Silaturrahim atau Halal bi Halal, ditutup dengan saling berjabatan tangan untuk maaf memafkan. Kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah dan makan siang bersama. (by Amn/PA-Sgm)

GALLERY FOTO KEGIATAN :
 
DSC_1485.JPG DSC_1493.JPG DSC_1502.JPG DSC_1505.JPG
DSC_1510.JPG DSC_1511.JPG DSC_1518.JPG DSC_1523.JPG
DSC_1526.JPG DSC_1533.JPG DSC_1535.JPG DSC_1536.JPG
DSC_1537.JPG DSC_1545.JPG    
Dilihat: 158