Copyright 2014 © Pengadilan Agama Sungguminasa | Dev & Mod by vRy
Jl. Masjid Raya No. 25 Sungguminasa - Kab. Gowa - (0411) 864298
Assalamu'alaikum Wr. Wb.|Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Sungguminasa|Media Pelayanan, Transparansi dan Informasi Online

Pengadilan Agama Sungguminasa Peringati Hari Jadi MA-RI Ke-74 Tahun 2019

Kategori: Berita Diterbitkan: Senin, 19 Agustus 2019

DSC_0447.JPG
 
Acara  puncak peringatan Hari Jadi Mahkamah Agung Republik Indonesia yang ke-74 adalah pelaksanaan upacara bendera yang dilaksanakan pada hari Senin, 19 Agustus 2019 bertempat di halaman Kantor Pengadilan Negeri Sungguminasa dengan Inspektur Upacara, Ketua Pengadilan Negeri Sungguminasa, Hebbin Silalahi, S.H.,M.H. yang diikuti oleh seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama Sungguminasa.

Peringatan Hari Jadi Mahkamah Agung RI merupakan agenda tahunan sebagai momentum untuk merefleksikan eksisitensi lembaga Mahkamah Agung dalam tatanan Kenegaraan serta kontribusi lembaga peradilan dalam perkembangan masyarakat dan negera kesatuan Republik Indonesia pada satu sisi. Sedangkan pada sisi lain adalah untuk menginternalisasikan dan mengukuhkan komitmen kita selaku warga peradilan dalam memberikan pelayanan terbaik di bidang hukum dan keadilan.

DSC_0460.JPG
 
Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Prof.Dr.M. Hatta Ali, S.H.,M.H. dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Ketua Pengadilan Negeri Sungguminasa menegaskan bahwa saat ini semua lembaga pelayanan pulik harus mampu menangkap perubahan yang terjadi di tengah  masyarakat, serta mampu melakukan inovasi untuk menyesuaikan diri dengan perubahan masyarakat tersebut. Inovasi dimaksudkan sebagai langkah-langkah responsif untuk menjawab kebutuhan dan aspirasi masyarakat , sekaligus sebagai perwujudan keterbukaan dan akuntabilitas lembaga publik kepada masyarakat.

Lebih lanjut yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI, menjelaskan bahwa pemanfaatan teknologi informasi dalam business process engineering Mahkamah Agung menjadi sebuha keniscayaan dan itu telah diimplementasikan dalam berbagai program, termasuk dalam menciptakan aplikasi  pelayanan untuk memudahkan lembaga peradilan dalam pemberian layanan peradilan. Misalnya,  terbitnya PERMA Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik yang salah satu kebijakannya adalah e-Court.

DSC_0449.JPG DSC_0450.JPG
 
Mahkamah Agung tidak berhenti di e-Court saja, tetapi tahun ini terbit lagi PERMA Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elekrtronik sebagai redesain praktik  peradilan dari sistem konvensional menjadi sistem modern seperti yang telah diterapkan oleh negara-negara yang dikenal maju teknologinya. Itulah sebabnya, Mahkamah Agung bergerak cepat dengan membuat petunjuk teknis serta melakukan sosialisasi ke Hakim dan aparatur peradilan yang lembaganya akan dijadikan percontohan dalam penerapan e-Litigasi. Oleh karena itu, tema peringatan hari jadi Mahkamah Agung RI tahun 2019 ini adalah ‘’Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi Untuk Melayani’’. (by Amn/PA-Sgm)

FOTO GALLERY KEGIATAN :
DSC_0447.JPG DSC_0449.JPG DSC_0450.JPG  
DSC_0451.JPG DSC_0454.JPG DSC_0460.JPG DSC_0461.JPG
Dilihat: 90