Copyright 2014 © Pengadilan Agama Sungguminasa | Dev & Mod by vRy
Jl. Masjid Raya No. 25 Sungguminasa - Kab. Gowa - (0411) 864298
Assalamu'alaikum Wr. Wb.|Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Sungguminasa|Media Pelayanan, Transparansi dan Informasi Online

Evaluasi Akreditasi Perjaminan Mutu (APM) Surveillance Kedua Di PA Sungguminasa

Kategori: Berita Diterbitkan: Jumat, 08 November 2019

DSC_0831.JPG
 
Kamis 07 November 2019, berlangsung kegiatan Evaluasi Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Surveillance Kedua tahun 2019 pada Pengadilan Agama Sungguminasa. Kegiatan evaluasi ini merupakan  surveillance kedua setelah Pengadilan Agama Sungguminasa berhasil meraih sertifikat akreditasi dengan nilai‘’A Excellent’’ pada tahun 2017 yang lalu dan tetap mampu dipertahankan sampai tahun 2018 setelah dilakukan Surveillance pertama.

Evaluasi Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Surveillance kedua ini dilaksanakan oleh Tim Assessor dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, Muhammad Taufiqurrahman, S.Ag.,M.H. selaku Lead Assessor dan didampingi oleh Assessor pendamping dari Pengadilan Tinggi Agama Makassar  yaitu Suhartini Rasul, S.Kom

Lead Assesor, Muhammad Taufiqurrahman, S.Ag.,M.H. dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan Evaluasi Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) surveillance kedua ini dilakukan untuk memastikan bahwa apakah satuan kerja yang telah teragreditasi betul-betul telah berjalan sesuai dengan karakter kerja Sistem Penjaminan Mutu Pengadilan, sehingga bisa saja yang tadinya memperoleh nilai  ‘’A Excellent’’ turun menjadi ‘’B’’ dan sebaliknya dari nilai ‘’B’’ naik menjadi ‘’A Excellent’’. Dengan demikian, kita berharap mudah-mudahan pengadialn Agama Sungguminasa tetap mampu mempertahankan nilai ‘’A Excellent’’ pada surveillance kedua ini.

Lebih lanjut Muhammad Taufiqurrahman menjelaskan bahwa metode evaluasi yang digunakan pada surveillance kedua ini berbeda dengan surveillance pertama. Pada surveillance kedua ini, diawali dengan pengiriman LKE Telusur Dokumen dari seluruh satuan kerja yang akan di surveillance ke Pengadilan Tinggi Agama untuk ditelaah oleh Tim yang ditunjuk oleh Ketua Pengdilan Tinggi Agama. Setelah dilakukan telusur dokumen, kemudian dilanjutkan dengan observasi langsung di lapangan, seperti yang kita lakukan hari ini.

DSC_0826.JPG
 
Perbedaan yang lain adalah pada surveillance kedua ini, Pimpinan Pengadilan selaku top manajemen diwajibkan mempresentasekan hasil capaian implementasi Akreditasi Penjamiman Mutu (APM) di depan Assessor Eksternal untuk membiasakan diri melakukan prosentase di depan penilai, karena dalam kaitannya dengan implementasi Zona Integritas ke depan, ternyata salah satu aspek yang dinilai adalah hasil prosentase di depan Tim Evaluator. (Amn / PA.Sgm).

GALLERY FOTO KEGIATAN :
DSC_0826.JPG DSC_0831.JPG DSC_0833.JPG DSC_0839.JPG DSC_0840.JPG
Dilihat: 23