Copyright 2014 © Pengadilan Agama Sungguminasa | Dev & Mod by vRy
Jl. Masjid Raya No. 25 Sungguminasa - Kab. Gowa - (0411) 864298
Assalamu'alaikum Wr. Wb.|Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Sungguminasa|Media Pelayanan, Transparansi dan Informasi Online

Expose Hasil Pengawasan HATIBINWASDA PTA Makassar

Kategori: Berita Diterbitkan: Minggu, 15 Juni 2014
Rabu, 28 Mei 2014, di ruang sidang utama Pengadilan Agama Sungguminasa, Hakim Tinggi Pembinaan dan Pengawas Daerah PTA Makassar menggelar expose hasil pengawasannya setelah seharian penuh melakukan pemeriksaan dan pengawasan di kantor Pengadilan Agama Sungguminasa. Pengawasan yang dilakukan oleh Tim berlangsung mulai pukul 09.00 wita sampai dengan 14.30 wita. Tim HATIBINWASDA berjumlah 2 (dua) orang yaitu bapak Wakil Ketua PTA Makassar, Drs. Bahrussam Yunus, S.H., M.H, dan seorang Hakim Tinggi, Drs. H. Wakhidun AR, S.H., M.Hum. Adapun temuan Tim antara lain isi berkas perkara tidak teratur padahal berkas tersebut sudah diminutasi, relaas panggilan untuk tergugat masih ada tulisan 'salinan gugatan', pemberian nomor halaman pada bukti tertulis dan relaas panggilan, beberapa berita acara sidang yang belum di tandatangani, berita acara sidang dan putusan tidak sama, susunan persidangan pada berita acara lanjutan tidak sama dengan susunan majelis dalam persidangan yang lalu, dalam buku register perkara masih ada beberapa kolom yang berlum terisi khususnya jenis putusan dan tanggal putus, amar putusan dalam berita acara tidak sama dengan amar putusan pada relaas pemberitahuan, dan ada beberapa identitas yang masih perlu diperiksa.

Setelah meng-expose hasil temuan, Tim menghimbau agar temuan ini segera dilakukan tindaklanjut. Namun untuk temuan kali ini lumayan lebih sedikit daripada temuan Tim HATIBINWASDA yang lalu, jadi ada peningkatan, ujar Bapak WAKA PTA, Drs. Bahrussam Yunus, S.H., M.H. Beliau juga menghimbau agar Pimpinan, Hakim, Pejabat, dan Pegawai Pengadilan Agama Sungguminasa agar lebih meningkatkan lagi kinerjanya khususnya dalam pelayanan kepada pencari keadilan.

Selain melakukan pemeriksaan dan pengawasan, Tim juga menghimbau agar penerapan blangko BAS dan Putusan yang baru sekiranya dapat dirampungkan dan berjalan dengan baik pada aplikasi SIADPA Plus, sesuai Surat Edaran Dirjen Badilag. Di akhir expose ini, Bapak WAKA PTA menekankan agar Pengadilan Agama Sungguminasa mengikuti lomba di semua kategori dalam rangka memperingati 25 tahun UU Peradilan Agama. "Bukan hal yang sulit untuk PA Sungguminasa juara, tahun-tahun yang lalu dan setiap ada kompetisi PA Sungguminasa selalu tiga besar, khususnya kinerja SIADPA Plus dan SIMPEG, kalau tidak dapat di kategori itu, PA Sungguminasa bisa merebut pada kategori Website", tegas beliau. (vRy)
Dilihat: 397

Fokus Badilag

Direktori Putusan