Copyright 2014 © Pengadilan Agama Sungguminasa | Dev & Mod by vRy
Jl. Masjid Raya No. 25 Sungguminasa - Kab. Gowa - (0411) 864298
Assalamu'alaikum Wr. Wb.|Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Sungguminasa|Media Pelayanan, Transparansi dan Informasi Online

Sosialisasi Hasil Rakor dan DDTK Sasaran Kerja Pegawai (SKP)

Kategori: Berita Diterbitkan: Senin, 13 Oktober 2014
Sungguminasa | Jum’at, 10 Oktober 2014
Bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Sungguminasa, Pimpinan Pengadilan Agama Sungguminasa menggelar rapat umum membahas tentang sosialisasi hasil Rapat Koordinasi PTA sewilayah PTA Makassar dirangkaikan dengan penjelasan dan pelatihan pengisian Sasaran Kerja Pegawai (SKP) dalam bentuk diklat di tempat kerja (DDTK).

sosialisasiskp1.jpg
Penjelasan Hasil Rakor PTA Makassar, oleh Panitera/Sekretaris dan Ketua Pengadilan Agama Sungguminasa (foto : aswar)
Rapat koordinasi yang dilaksanakan di PTA Makassar pada hari Kamis, 2 Oktober 2014 membahas tentang, Satu Kongkritisasi pasal 84. Harus jelas di KUA mana tempat tempat tinggal dan tempat pelaksanaan pernikahan. Dua Moratorium pembangunan gedung, penggunaan DIPA agar terfocus saya tidak mau mendengar ada orang terlibat dalam hal hal negative pembangunan gedung. Tiga Adanya permohonan ke MA mengenai perkawinan beda agama. Empat Peningkatan koordinasi internal, Ketua, Wakil Ketua dan Panitera/Sekretaris. Lima Pelatihan ekonomi syariah. Enam Gugat rekonvensi lisan agar diformulasikan. Tujuh Kelengkapan berkas perkara kasasi dan PK, berkaitan dengan kelengkapannya sebeleum dikirim. Delapan Terbuka peluang bagi para Hakim tinggi untuk menjadi hakim Mahkamah Konstitusi dan anggota Komisi Yudisial. Sembilan Tahun 2015 akan ada penerimaan calon hakim kerjama Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial. Sepuluh  Dirjen Badilag menghendaki penerapan  ISO 9001-2008 seperti yang telah diterpkan PA Stabat Wilayah PTA Medan. (sumber : pta mks)

Pada rapat koordinasi ini Waka PTA Makassar dalam arahannya menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan SK 080 Tahun 2006 tanggal 24 Agustus 2006. Yang salah satunya menjadi item pengawasan baik dari pengawasan yang dilaksanakan oleh Mahkamah Agung maupun Hakim Pengawas dan Pembina PTA Makassar adalah pelayanan public dengan demikian  hal-hal yang harus dicermati seperti Satu Mengenai tertib kantor agar dilakukan penataan dan pengaturan kerja serta penyedian fasilitas kerja. Seperti ruangan kerja dan ruangan sidang kita harus baik dan nyaman serta dilengkapi dengan sarana dan prasana yang memadai. Dua Agar senantiasa melaksanakan kebersamaan kegotongroyonngan kebersihan agar ada rasa kenyamanan dalam melaksanakan tugas. Tiga Harus menampilkan penampilan kantor yang asrih (apik, sejuk, rindah dan indah). Empat Diusahakan untuk membuat penataan parkir yang rapih dan nyaman. Lima Hendaknya dibiasakan sebelum bekerja agar dilaksanakan bersih bersih sendiri selama 10 menit sebelum bekerja. Demikian juga sebelum pulang kantor kursi dan meja dirapikan dan budaya bersih ditingkatkan dengan adanya jumat bersih. Enam Pelaksanaan pemanggilan harus dilakukan dengan oleh Jurusita dan secara profesional. (sumber : pta mks)

Pada akhir acara Rapat Koordinasi tersebut, disempatkan juga penyerahan Piagam Penghargaan terkait dengan Lomba yang dilaksanakan Badan Peradilan Agama dalam rangka memperingati 25 tahun Undang-Undang Peradilan Agama.

Penjelasan dan Pelatihan SKP
Sekitar kurang lebih 1 jam lamanya Bapak Ketua Pengadilan Agama Sungguminasa, Drs. H. Hasanuddin, M.H. dan Bapak Panitera/Sekretaris Pengadilan Agama Sungguminasa, Hasbi, S.H. mejelaskan hasil Rakor PTA Makassar, acara dilanjutkan dengan penjelasan dan pelatihan pengisian Sasaran Kerja Pegawai (SKP)

sosialisasiskp2.jpg
Penjelasan Materi SKP oleh narasumber (foto : aswar)
Narasumber pada acara kali ini adalah Verry Setya Widyatama, S.Kom (Staf Pengadilan Agama Sungguminasa) yang menjelaskan gambaran umum dan rangkuman dari Peraturan Pemerintah No. 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2011 tentang Sasaran Kerja Pegawai dan Peraturan Kepala BKN No. 1 Tahun 2013 tentang Petunjuk Pelaksanaan Sasaran Kerja Pegawai. Pada materi ini di jelaskan masalah pentingnya seorang Pegawai membuat Sasaran Kerja Pegawai, dan setiap Pegawai dituntut untuk membuat sendiri SKP masing-masing. Dijelaskan pula bagaimana sanksi bila seorang pegawai tidak menyusun SKP dan sanksi jika target dari SKP tersebut tidak tercapai pada akhir tahun.
 
sosialisasiskp3.jpg sosialisasiskp4.jpg
Para Peserta DDTK SKP (foto : aswar)
Setelah pejelasan gambaran umum tersebut, dilanjutkan dengan petunjuk teknis pengisian formulir SKP dan unsur-unsur yang tercantum dalam formulir SKP yang dijelaskan oleh Muhamad Anwar Umar, S.Ag. (Hakim Pengadilan Agama Sungguminasa), dan dilanjutkan lagi oleh Bulgis Yusuf, S.HI., M.HI. (Kaur Kepegawaian Pengadilan Agama Sungguminasa), kemudian sesi selanjutnya adalah tanya jawab masalah SKP oleh peserta dan pemateri.

Acara ditutup tepat pukum 11.30 Wita oleh Bapak Panitera/Sekretaris, Hasbi, S.H., yang sebelumnya pengarahan dari Bapak Ketua Pengadilan Agama Sungguminasa, Drs. H. Hasanuddin, M.H. bahwa penyusunan SKP ini hanya menyisakan waktu yang tidak lama lagi sampai akhir tahun 2014 ini, jadi beliau membuat kebijakan bahwa 15 hari sejak acara ini, semua SKP Pegawai Pengadilan Agama Sungguminasa harus sudah selesai disusun. (vRy)
 
Dilihat: 213

Fokus Badilag

Direktori Putusan