Copyright 2014 © Pengadilan Agama Sungguminasa | Dev & Mod by vRy
Jl. Masjid Raya No. 25 Sungguminasa - Kab. Gowa - (0411) 864298
Assalamu'alaikum Wr. Wb.|Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Sungguminasa|Media Pelayanan, Transparansi dan Informasi Online

PTA Makassaar Akan Bangkitkan Kejayaannya

Kategori: Berita Diterbitkan: Rabu, 18 Februari 2015
Rapat koordinasi  PTA Makassar dengan Pengadilan Agama se-provinsi Selatan dan Barat dipimpin langsung oleh KPTA Makassar, Drs.H. Hasan Bisri,S.H.M.Hum. Rapat koordinasi yang diselenggarakan di Aula PTA Makassar, lantai dua pada Jum’at (6 Februari 2015).

rakorpta6peb2015_1.JPG
 
Rapat Koordinasi iniI  dihadiri  pula oleh Waka PTA Makassar, Drs. H. M. Thahir R, S.H., M.H., seluruh Hakim Tinggi PTA Makassar, Pansek PTA Makassar, Drs. H. Ach. Jufri, S.H., M.H., para Ketua, Wakil Ketua, dan para Panitera/Sekretaris Pengadilan Agama sewilayah hukum PTA Makassar. Selanjutnya KPTA Makassar dalam pengarahannya mengatakan bahwa pada beberapa waktu yang lalu kami telah menyampaikan bahwa PTA Makassaar akan kita bangkitkan kejayaannya, Makassar adalah gudangnya SDM berkualitas, demikian ungkapan beliau.

rakorpta6peb2015_2.JPG
Para peserta Raker PTA Makassar ( Foto : Fahmi/Silmi )

Selanjutnya beliau mengutip pidato pengukuhan sebgai Guru Besar YM. Prof. Dr. Hatta Ali, S.H., M.H., yang juga sebagai Ketua MA-RI bahwa Pengadilan di seluruh dunia mengalami tiga kendala yang hampir sama yaitu :
  • Satu  Kesulitan akses pengadilan. Untuk  masalah akses ini lebih disebabkan dua hal yaitu, Hal yang pertama mengenai faktor lokasi. Hal kedua tentang sulitnya mengakses informasi dari Pengadilan, betapa terutama sulitnya mengetahui  posisi perkara. Masalah tranparansi yaitu upload putusan pada direktori putusan
  • Dua  Lambatnya penyelesaian perkara. Dalam hal ini jajaran pimpinan PTA Makassar mengharapkan kepada ketua untuk menyadarkan hakim hakimnya agar menggunakan SIADPA, demikian juga dalam rangka percepatan proses banding, kasasi dan PK agar Panitera meningkatkan ketelitian sebelum berkas dikirim
  • Tiga Masalah integritas. Mengenai integritas aparat meskipun PTA Makassar tergolong tidak ada masalah, tetapi tetap diharapkan konsisten dengan masalah integritas ini jangan sampai ditemukan integritas aparat yang masih diragukan.
Khusus Peradilan Agama ketiga hal ini pandang lebih maju artinya Peradilan Agama baik untuk akses ke pengadilan atau kecepatan penyelesaian perkara dan masalah integitas para pegawai dapat dikatagorikan baik. Badilag dalam hal mengatasi masalah ini telah melaksanakan sidang keliling dan juga pelayanan satu atap. Sidang keliling dimaksudkan bagaimana mendekatkan pihak ke Pengadilan. Himbauan Pak Ketua agar  sidang keliling tetap dikonsultasikan dengan instansi terkait yaitu Kementerian Agama dan Dukcapil.

Kemuadian dilanjutkan dengan pengarahan Waka PTA. Makassar, Bapak Drs. H. M. Thahir R, S.H., M.H. Beliau menitip beratkan mengenai pembinaan dan pengawasan. Menurutnya hal ini harus dilakukan dengan seragam dan secara komprehensif baik dalam hal , Administrasi Perkara, Administrasi Persidangan, Administrasi Umum serta mengingatkan kembali tentang  pentingnya dilakukan pemeriksaan  manajemen peradilan dan pelayanan publik.  Manajemen peradilan berupa (Planning, Organizing, motivasi, controlling, evaluasi) dan semua  unsur-unsur manajemen agar dipastikan telah berjalan dengan baik, seperti halnya mengenai Perencanaan yang baik, Program Koordinasi dalam penyusunannya melibatkan semua unsur agar lebih transparan dan akuntabel, Penyusunan program sesuai aturan Inpres No. 7/1999, Penyusunan programnya sesuai visi dan misi, Indikator kinerja, Pembagian tugas masing-masing pegawai, telah dilakukan pertemuan tiga bulanan, kesemuanya harus dilakukan secara konsisten. Kemudian lebih lanjut beliau memberi dorongan serta semangat karena dalam menjalankan tugas sering terjadi  kendala dan hambatan olehnya itu beliau mengharapkan agar tetap meningkatakan kwalitas sdm pungkasnya.

rakorpta6peb2015_4.JPG
Waka PTA Makassar memimpin rapat para wakil tingkat pertama ( Foto : Fahmi/Silmi )
 
Pansek PTA Makassar dalam arahannya dimulai dengan memaparkan hasil rakor Badilag beberapa hari yang lalu yang menyatakan bahwa  penyerapan tertinggi di raih oleh Badilag dan PTA Makassar penyerapannya sebesar 98 %. Mudah mudahan peringkat penyerapan anggaran untuk tahun 2015  ini PTA Makassar berada pada posisi teratas.

Kemudian Pansek melanjutkan pememaparannya tentang hasil Pemeriksaan BPK Tahun 2014 yang menyebutkan bahwa ada 12 Pengadilan Agama yang diperiksa oleh BPK dengan berbagai temuan. Oleh beliau dipaparkan satu persatu sembari menunjukkan hasil rangkuman pemeriksaan BPK tersebut yang kemudian menyampaikan bahwa hasil rangkuman ini akan diberikan kepada setiap PA untuk dijadikan bahan evaluasi . Selain mengenai temuan BPK tersebut Pansek juga mengemukakan hal tentang Kepegawaian. PTA bertekad untuk melaksanakan KMA nomor 192 dan KMA 193 Tahun 2014.

Arahan Panitera/Sekretaris selanjutnya mengenai penyelesaian perkara yang meningkat dari penyelesaian perkara sebelumnya meskipun masih ada PA berkinerja terendah. Disampaikan pula mengenai infoperkara agar di isi secara lengkap dan jangan sampai kosong selanjutnya tentang Implementasi SIADPA yang masih menjadi program perioritas. Penyampaian berikutnya adalah tentang masih banyak PNBP yang diterima oleh satker berdasarkan PP 53 Tahun 2008 tetapi belum disetor ke Kas Negara yang seharusnya PNBP tersebut harus disetor ke Kas Negara pada hari diterimanya sesuai PMK Nomor 3 Tahun 2013, demikian ditegaskan oleh beliau.

Diakhir acara rakor ini di umumkan susunan peringkat PA berkinerja terbaik sepanjang tahun 2014. Ada enam kategori yang dinilai diantanya tiga kategori dari bidang  Kepaniteraan yaitu Kategori tingkat penyelesaian perkara, kategori Infoperkara dan kategori Direktori Putusan sedangkan untuk bidang Kesekretariatan yaitu Wibsite, Simpeg dan bidang keuangan tentang realisasi dipa 01 dan 04. Hasil penilaian ini selengkapnya diumumkan dalam website PTA Makassar.

rakorpta6peb2015_6.JPG
Peyerahan Piagam penghargaan bagi PA Berkinerja terbaik  ( Foto : Fahmi/Silmi )
 
Harapan pimpinan dalam rakor ini adalah agar seluruh peradilan di wilayah hukum PTA Makassar untuk terus bersemangat dan terus meningkatkan kinerjanya dengan  intergritas yang tinggi. (Lkm-PTA.Mks)

Sumber : pta-makassarkota.go.id
Dilihat: 369

Fokus Badilag

Direktori Putusan