Copyright 2014 © Pengadilan Agama Sungguminasa | Dev & Mod by vRy
Jl. Masjid Raya No. 25 Sungguminasa - Kab. Gowa - (0411) 864298
Assalamu'alaikum Wr. Wb.|Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Sungguminasa|Media Pelayanan, Transparansi dan Informasi Online

PA Sungguminasa Dinyatakan Tersertifikasi ISO 9001:2008

Kategori: Berita Diterbitkan: Jumat, 11 Desember 2015
Sejak hari Senin, tanggal 7 Desember 2015, Pengadilan Agama Sungguminasa kedatangan tamu dari PT TUV Nord Indonesia, Lembaga Independen Sertifikasi ISO yang merupakan cabang dari Negara German. Maksud dan tujuan kedatangannya adalah untuk melakukan certification audit stage 2 dengan cakupan audit pelayanan perkara Pengadilan Agama Sungguminasa beserta seluruh proses pendukungnya.
Pelaksanaan Certification Audit diawali dalam Opening Meeting yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Sungguminasa. Ketua PA, Dra. Nur Alam Syah, S.H., M.H. memperkenalkan hakim-hakim, pejabat struktural dan fungsional yang hadir di Opening Meeting kepada Auditor Certification Audit.
 
1b.jpg 1c.jpg

Bapak Sukma Santosa, Lead Auditor dari PT TUV Nord melakukan certification audit di Pengadilan Agama Sungguminasa selama dua hari berturut-turut sejak hari Senin dan Selasa tanggal 7-8 Desember 2015.

Certification audit oleh Lead Auditor meliputi seluruh bagian/organizational unit dan cakupan prosesnya yang ada di PA Sungguminasa tanpa kecuali, termasuk Ketua PA sebagai Top Management untuk mengetahui sejauhmana proses dan penerapan management responsibility dan untuk mendapatkan fakta gambaran komitmen pimpinan untuk menerapkan Quality Management System (QMS) atau sistem managemen mutu sebagaimana yang dipersyaratkan dalam pasal-pasal ISO 9001:2008.

Wakil Ketua PA Sungguminasa, Drs. Ahmad Nur, M.H. yang ditunjuk selaku Management Representative (MR) dengan tugas dan tanggung jawab utama MR sebagai pengendali untuk mengendalikan dan  memastikan proses managemen sudah sesuai dengan sistem managemen mutu yang telah ditetapkan juga diaudit oleh Auditor bahkan MR dan ISO sekretariat (Verry Setya Widyatama/Document Controller)  sasaran utama auditor. Pada MR dan ISO sekretariat, Auditor melihat memeriksa dan menguji identification QMS prosessess, QMS documentation yang meliputi dokumen manual mutu, penetapan kebijakan mutu sararan mutu dan analisa pencapaiannya, audit internal dan tindak lanjutnya, indeks kepuasan masyarakat (IKM) dan analisanya dan kelengkapan lainnya yang dipersyaratkan dalam pasal-pasal ISO 9001:2008.
 
2a.jpg 2b.jpg
Untuk mengetahui realization prosess QMS, Auditor memeriksa dan menguji proses pelayanan di semua organization unit di PA Sungguminasa yang  meliputi bagian kepaniteraan, panmud permohonan, panmud gugatan dan panmud hukum.
 
4a.jpg 4b.jpg 4c.jpg
Di bagian kesekretariatan, kaur kepegawaian, kaur umum dan kaur keuangan. Selain itu, Auditor juga mengaudit tenaga fungsional panitera pengganti dan jurusita/jurusita pengganti.
 
3a.jpg 3b.jpg 3c.jpg
Tidak luput dari pengamatan Auditor, Auditor memeriksa ruang arsip. Hal ini penting karena arsip perkara merupakan mutu produk yang harus tersimpan, tertata dan teratur.
5a.jpg 5b.jpg
Setelah melakukan certification audit selama dua hari, Bapak Sukma Santosa, Lead Auditor menyampaikan hasil audit dalam acara Closing Meeting. Lead Auditor mengatakan meskipun Pengadilan Agama Sungguminasa baru dua bulan menjalankan menerapkan Quality Management System, ISO 9001:2008, telah memenuhi persyaratan standar mutu. Ada beberapa temuan, akan temuan tersebut hanya bersifat PI (potential for Improvement), oleh karena itu, diharapkan agar temuan tersebut diperbaiki. Setelah menyampaikan dan memaparkan hasil auditnya, Lead Auditor, Sukma Santosa menyatakan bahwa Pengadilan Agama Sungguminasa dinyatakan Tersertifikasi ISO 9001:2008. Dan mengenai sertifikatnya akan diserahkan kemudian. Serentak secara spontanitas, seluruh karyawan bersalaman dan menggaungkan yel yel salam PDCA… Salam PDCA yes.. yes.. yess..
 
6a.jpg

Ketua PA, Dra. Nur Alam Syaf, S.H., M.H. dalam sambutan pada closing meeting tersebut mengatakan ucapan terima kasih kepada Auditor dan kepada seluruh karyawan PA Sungguminasa atas kerja sama. Penghargaan itu adalah penghargaan untuk kita semua.

Wakil Ketua, Drs. Ahmad Nur, M.H., selaku MR menyatakan bahwa penerimaan predikat tersertifikasi ISO 9001:2008 kepada PA Sungguminasa ibarat tentara baru dinyatakan lulus menjadi prajurit berseragam lengkat dengan senjatanya, belum berperang. Perang sesungguhnya adalah mempertahankan dan terus menjadi lebih baik. Itulah perang yang sebenarnya. Oleh karena itu.. mari kita bahu membahu, kerja sama untuk mempertahankan. (Ahmad Nur)
Dilihat: 321

Fokus Badilag

Direktori Putusan