Copyright 2014 © Pengadilan Agama Sungguminasa | Dev & Mod by vRy
Jl. Masjid Raya No. 25 Sungguminasa - Kab. Gowa - (0411) 864298
Assalamu'alaikum Wr. Wb.|Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Sungguminasa|Media Pelayanan, Transparansi dan Informasi Online

Ketua PTA Makassar Adakan Pembinaan di Pengadilan Agama Sungguminasa

Kategori: Berita Diterbitkan: Minggu, 27 Maret 2016
Kamis (17/3/2016) bertempat di Ruang Sidang Utama Kantor Pengadilan Agama Sunguminasa, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar, Drs. H. Hasan Bisri, S.H.,M.Hum adakan pembinaan yang diikuti oleh Ketua Pengadilan Agama Sungguminasa, Wakil Ketua Pengadilan Agama Sungguminasa, Panitera Pengadilan Agama Sungguminasa, Sekretaris Pengadilan Agama Sungguminasa serta seluruh Hakim dan pegawai Pengadilan Agama Sungguminasa.

exposepengawasanhatibinwasdaT12016_1.jpg
Pembinaan oleh Ketua PTA Makassar (foto : verry)
Di hadapan seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Sungguminasa, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar, Drs. H. Hasan Bisri, S.H.,M.Hum menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang mendalam kepada keluarga besar Pengadilan Agama Sungguminasa yang telah bekerja dengan sungguh-sungguh dalam memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat sampai berhasil meraih sertifikat ISO 9001-2008. Dan ini menjadi kebanggaan tersendiri karena baru satu-satunya  Pengadilan Agama  Sungguminasa yang telah meraih sertifikat ISO diantara seluruh satuan kerja yang ada di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Makassar.

Untuk mendapatkan sertifikat ISO ini, tentu tidak mudah tetapi butuh kerja ekstra keras dan itu telah dilakukan oleh Pengadilan Agama Sungguminasa. Oleh karena itu, saya berharap supaya bekerja lebih giat dan lebih sungguh-sungguh lagi, sebab biasanya lebih mudah meraih sebuah prestasi dari pada mempertahankan prestasi yang telah dicapai.

Lebih lanjut Drs. H. Hasan Bisri, S.H.,M.Hum yang akan memasuki masa purnabakti tanggal 1 Mei 2016 mendatang mengatakan bahwa Pengadilan Agama Sungguminasa ini adalah mercusuarnya Pengadilan Tinggi Agama Makassar, sehingga harus lebih bagus dari pada  satuan kerja yang lain. Kunci untuk bisa lebih bagus adalah hadirnya semangat kebersamaan dan kekompakan, terutama pada level pimpinan. Di samping itu pula, komunikasi harus berjalan dengan baik dari atas ke bawah dan/ atau sebaliknya dari bawah ke atas, tegasnya.

Kehadiran Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar di Pengadilan Agama Sungguminasa, substansinya disamping untuk melakukan pembinaan juga untuk pamitan dengan keluarga besar Pengadilan Agama Sungguminasa. Menurut beliau, walaupun saya katanya masih kurang lebih satu bulan lagi bertugas, dan mungkin masih akan sering datang terutama untuk olah raga tenis. Tetapi tidak ada salahnya kalau hari ini saya sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dukungannya selama saya bertugas di Pengadilan Tinggi Agama Makassar. Begitu pula sebaliknya, sekiranya selama ini ada sikap, tindakan dan prilaku saya dan keluarga yang tidak berkenan di hati bapak-bapak dan ibu-ibu saya mohon kiranya dapat dimaafkan. Kalau ada haknya bapak dan ibu yang mungkin saya makan selama ini, mohon kiranya diikhlaskan  supaya tidak menjadi beban saya dan sekeluarga dunia dan akhirat.

exposepengawasanhatibinwasdaT12016_2.jpg
Peserta Pembinaan di Pengadilan Agama Sungguminasa (foto : verry)
Disamping kegiatan pembinaan  tersebut, juga dilakukan espose hasil pemeriksaan yang telah dilakukan oleh Hakim Tinggi Pengawas Daerah Pengadilan Tinggi Agama Makassar. Menurut Ketua Tim Pengawas Daerah, Drs. H. Abd. Munir  S.,S.H. bahwa espose hasil pengawasan kali ini cukup istimewa dibanding dengan pengawasan-pengawasan yang lain, karena hari ini dihadiri dan bahkan dipimpin langsung oleh Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar.

Lebih Lanjut, Drs. H. Abd. Munir  S.,S.H. menjelaskan bahwa substansi dari Pengawasan dan Pembinaan ini adalah bukan untuk mencari-cari kesalahan, tetapi untuk mengawal jalannya organisasi supaya tidak menyimpang dari tata aturan perundang-undangan yang berlaku. Kalau toh ada yang ditemukan terjadi kekeliruan, disinilah fungsi kami dari Hakim Tinggi Pengawas Daerah untuk melakukan pembinaan dan sebaliknya bapak-bapak dan ibu-ibu diminta untuk segera menindaklanjutinya supaya temuan itu tidak berulang-ulang di masa yang akan datang.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, menurut Drs. H. Abd. Munir   S.,S.H. bahwa secara umum Pengadilan Agama Sungguminasa sudah bagus. Walaupun di sana sini terdapat beberapa hal yang masih butuh perbaikan-perbaikan, terutama pada penataan administrasi baik administrasi perkara maupun administrasi umum. Misalnya pada bagian administrasi perkara, masih ada beberapa buku register maupun  buku jurnal yang belum diisi secara lengkap, mungkin karena dianggap sepele sehingga tidak diseriusi, pada hal ini sangat urgen  kalau kita bicara dalam konteks administrasi perkara. Begitu pula di bagian kesekretariatan, masih ada beberapa buku-buku kendali yang belum terisi secara lengkap. Bahkan penataan arsip surat masuk dan surat keluar belum begitu rapi, tegasnya.

Adapun Tim dari Pengadilan Tinggi Agama Makassar yang melakukan pembinaan dan pengawasan di Pengadlan Agama Sungguminasa selama 3 (tiga) hari yaitu dari tanggal 15 s.d. 17 Maret 2016 adalah Drs. H. Abd. Munir S.,S.H. ( Ketua Tim), Drs. H. Andi Ahmad, S.H., Dra. Hj. Nirwana dan Fahmi, S.Kom masing-masing sebagai anggota Tim. (by Amin)
Dilihat: 378

Fokus Badilag

Direktori Putusan