Copyright 2014 © Pengadilan Agama Sungguminasa | Dev & Mod by vRy
Jl. Masjid Raya No. 25 Sungguminasa - Kab. Gowa - (0411) 864298
Assalamu'alaikum Wr. Wb.|Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Sungguminasa|Media Pelayanan, Transparansi dan Informasi Online

Audiensi Ketua PA Sungguminasa dengan Bupati Gowa

Kategori: Berita Diterbitkan: Senin, 20 Februari 2017
Disela-sela kesibukannya Bupati Gowa (Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo) telah meluangkan waktunya untuk menerima kunjungan kerja Ketua Pengadilan Agama Sungguminasa bersama rombongan pada hari Kamis, 9 Februari 2017. Rombongan Pengadilan Agama Sungguminasa yaitu : Ketua : Drs. Ahmad Nur, M.H, Hakim-Hakim : (Andi Maryam Bakri, S.Ag.,M.Ag., Maryam Fadhilah Hamdan, S.HI., Dr. Muhammad Najmi Fajri, S.HI.,M.HI., dan Uten Tahir, S.HI.,M.H) dan Ibrahim, S.H (Panitera Pengganti) sekaligus Protokoler PA. Sungguminasa.
audiensbupati2017_1.png
 
Pertemuan ini diawali dengan perkenalan Ketua Pengadilan Agama Sungguminasa (Drs. Ahmad Nur, M.H) yang baru dilantik pada tanggal 18 Januari 2017, setelah itu beliau memaparkan beberapa hal berkaitan dengan kinerja pengadilan agama sungguminasa dalam persoalan hukum untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Gowa yang berada diwilayah hukum/yurisdiksi Pengadilan Agama Sungguminasa. Hal-hal yang ditawarkan adalah pertama, terkait dengan letak geografis dari Pengadilan Agama Sungguminasa yang berada dekat Kota Makassar dan semakin meningkatnya volume perkara yang diterima dan diselesaikan oleh Pengadilan Agama Sungguminasa dari tahun ke tahun, dan dari sekian volume perkara tersebut 20 % bisa diselesaikan dengan upaya perdamaian atau melalui jalur mediasi. Oleh karena itu, dengan pertimbangan tersebut Pengadilan Agama Sungguminasa tahun ini mendapatkan penghargaan peningkatan kelas dari Pengadilan Kelas II menjadi Pengadilan Kelas I B.

Penyampaian tersebut disambut bahagia oleh Bupati Gowa yang merupakan Bupati termuda diwilayah Indonesia Timur dan urutan ke 7 secara nasional. Hal kedua yang disampaikan oleh Ketua PA Sungguminasa adalah pelayanan terpadu dengan system one day service, dimana bagi masyarakat yang tidak memiliki akta nikah dapat mengesahkan perkawinannya melalui pengadilan agama sungguminasa dan kemudian penetapan tersebut dapat digunakan untuk kepentingan pengurusan akta nikah yang dikeluarkan oleh pihak KUA dan akta kelahiran oleh pihak Disdukcapil, dan hal itu dapat diselesaikan dalam waktu 1 hari. Tawaran ini mendapat respon positif dari Bupati Gowa sehingga secara langsung beliau memanggil Kadis Dukcapil Kabupaten Gowa untuk segera menindaklanjuti tawaran Ketua PA. Sungguminasa tersebut.

audiensbupati2017_2.png
Pada pertemuan tersebut itu pula Bupati Gowa mensosialisasikan program Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) kepada Ketua Pengadilan Agama Sungguminasa bersama rombongan agar hal tersebut dapat disampaikan pula kepada seluruh aparat Pengadilan Agama Sungguminasa serta kepada masyarakat untuk mengawasi tindakan-tindakan aparat pemerintah yang melakukan pungutan liar.
audiensbupati2017_3.png
 
Disela-sela pertemuan itu terjadi komunikasi yang sengit antara Bupati dengan Ketua PA dalam hal penggalian asal usul kedaerahan dari KPA dan sejarah politik dari Bupati sehingga menjadi seperti saat ini yang sebelumnya beliau adalah anggota dewan propinsi sulsel selama 2 periode. Dalam Komunikasi tersebut diselingi dengan canda tawa Bupati dengan KPA bersama rombongan yang menambah suasana keakraban sehingga ruangan yang begitu mewah tersebut seakan-akan menggelegar bahkan Foto Pahlawan Sultan Hasanuddinpun terlihat seakan-akan ikut dalam canda tawa tersebut.

audiensbupati2017_4.png
 
Sebelum mengakhiri pertemuan tersebut Ketua Pengadilan Agama Sungguminasa menyerehkan Laporan Tahunan 2016 kepada Bupati Gowa dan selanjutnya Ketua PA Sungguminasa bersama rombongan melakukan foto bersama dengan Bupati Gowa
Dilihat: 171

Fokus Badilag

Direktori Putusan