Copyright 2014 © Pengadilan Agama Sungguminasa | Dev & Mod by vRy
Jl. Masjid Raya No. 25 Sungguminasa - Kab. Gowa - (0411) 864298
Assalamu'alaikum Wr. Wb.|Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Sungguminasa|Media Pelayanan, Transparansi dan Informasi Online

PA Sungguminasa Kelas IB Melaksanakan Opening Meeting Assessor Internal Dalam Rangka SAPM

Kategori: Berita Diterbitkan: Kamis, 28 September 2017
Sebagai rangkaian dari persiapan menghadapi pelaksanaan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM), maka Pengadilan Agama Sungguminasa Kelas I B melaksananakan Opening Meeting Self Assesment. Kegiatan Self Assesment tersebut dibuka oleh Ketua Lead Assesor Internal, Andi Maryam Bakri, S.Ag., M.Ag pada hari Selasa tanggal 26 September 2017 yang rencananya akan berlangsung selama tiga hari. Mengawali pertemuan tersebut Ketua Pengadilan Agama Sungguminasa, Drs. Ahmad Nur, M.H. selaku Top Manajemen sekaligus sebagai penanggung jawab Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) dalam pengarahannya mengatakan bahwa akreditasi adalah sebuah keniscayaan, sehingga konsekuensinya mau atau tidak mesti kita persiapkan diri dengan sebaik-baiknya dan sebagai rangkaian dari persiapan itu adalah opening meeting Self Assesment yang kita lakukan hari ini.
SAPM1.JPG
 
Lebih lanjut Drs. Ahmad Nur, M.H. menjelaskan bahwa salah satu syarat untuk bisa ikut Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama adalah adanya kegiatan self assesment yaitu menilai diri sendiri yang dilakukan oleh Tim Assesor Internal yang telah ditunjuk. Ada tiga hal yang akan menjadi fokus utama dari Assesor internal, yaitu administrasi manajemen, administrasi Kesekretaritan dan administrasi Kepaniteraan. Oleh karena itu, semua penanggung jawab dari masing-masing bagian tersebut supaya mempersiapkan segala sesuatunya untuk memudahkan jalannya pelaksanaan tugas Tim Assesor Internal dan saya berharap semua temuan assesor supaya segera ditindaklanjuti sebelum assesor pendamping dari PTA dan assesor eksternal dari Badilag turun.
Sementara Ketua Tim Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama Sungguminasa, Uten Tahir, S.HI.,M.H. ketika memandu jalannya acara opening meeting self assesment mengungkapkan rasa optimismenya bahwa Pengadilan Agama Sungguminasa Insya Allah bisa menjadi salah satu satuan kerja yang akan direkomendasikan oleh Pengadilan Tinggi Agama Makassar untuk ikut dinilai oleh Tim Assesor Eksternal dari Badilag Mahkamah Agung, karena kita punya bekal yaitu ISO 9001:2008, tinggal bagaimana kita bisa menjaga semangat dan kerja sama yang baik.
Sedangkan Ketua Tim Assesor Internal, Andi Maryam Bakri, S.Ag.,M.Ag dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan assesment ini sesungguhnya tidak terlalu jauh beda dengan pengawasan yang dilakukan oleh Hakim Pengawas Bidang selama ini, yang berbeda hanyalah format penilaiannya saja dan adanya Assesor Eksternal. Obyek pengawasan dari Hakim Pengawas Bidang itu juga yang akan menjadi obyek pemeriksaan dari Assesor Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu. Sehingga kalau temuan yang ditemukan oleh Hakim Pengawas Bidang sudah ditindaklanjuti, maka persiapan kita tentu sudah baik.
SAPM2.JPG
Pada bagian akhir sambutannya, Andi Maryam Bakri, S.Ag.,M.Ag meminta agar supaya semua penanggung jawab bagian yang akan diperiksa agar tidak meninggalkan tempat selama tiga hari ke depan, karena Tim Assesor akan melakukan audit internal, tegasnya. (by Amn).
 
 
Dilihat: 40

Fokus Badilag

Direktori Putusan